Penyebab "Jatuhnya Pesawat Lion Air"



penyebab jatuhnya pesawat lion air
Foto : "Penyebab Jatuhnya Pesawat Lion Air di Bali" foto:id.berita.yahoo.com
Penyebab kecelakaan Lion Air di Bali menurut pengakuan Pilot dari pesawat Lion Air yang jatuh ke laut saat mencoba mendarat di Bali adalah sang Pilot merasa seperti "terseret" angin ketika ia berusaha mengambil kendali kemudi. 108 penumpang dan kru selamat saat pesawat penumpang Boeing 737 yang dioperasikan oleh Lion Air terlalu cepat turun ke landasan dan jatuh di air, Sabtu. Dari wawancara dengan aparat setempat mengatakan bahwa penyebab kecelakaan Lion Air sedang dilakukan hasil investigasi KNKT dan Penyelidik Kecelakaan dari Amerika Serikat dan Boeing. Penyebab jatuhnya Lion Air kemungkinan disebabkan "Winshear" atau angin yang berubah arah dari awan badai, atau dikenal juga dengan nama "microburst".

  
Meski jarang terjadi, para pakar memprediksi bahwa penyebab jatuh pesawat Lion Air di Bali hempasan angin yang keras dan tak diduga ini bisa membuat jet modern tak berdaya, apalagi jika kekuatannya lebih besar dari kemampuan pesawat keluar dari masalah --  dengan masa-masa kritis sebelum pendaratan sebagai momen paling rapuh.  

Berikut ini penyebab jatuhnya pesawat Lion Air yang disampaikan oleh Hugh Dibley, mantan pilot British Airways dan pakar dalam situasi-situasi kehilangan kendali. 


"Jika Anda mengalami angin yang menghempas ke bawah yang lebih kuat dari kemampuan pesawat, bahkan dengan kekuatan penuh Anda akan terus turun dan tak bisa menanjak naik," kata Hugh Dibley

Penyebab jatuhnya pesawat Lion di Bali berdampak pada citra dan reputasi Lion Air. Maskapai penerbangan Lion Air sebenarnya tengah berusaha memperbaiki citra dan reputasi Lion Air dan ingin mencabut dari daftar hitam keamanan Uni Eropa dengan membeli Airbus dan Boeing.

Menurut keterangan awal pilot, penyebab kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air yang detailnya sudah digambarkan ke Reuters, penerbangan JT-904 menuju ke timur ke bandara Ngurah Rai pada tengah hari Sabtu dalam penerbangan yang normal dari Bandung, Jawa Barat.

Co-pilot, warga kebangsaan India dengan 2000 jam pengalaman terbang, bertanggungjawab untuk perjalanan domestik ini, yang dijadwalkan berlangsung 1 jam 40 menit.

Berikut ini kronologi kejadian kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air di Bali di kutip dari Yahoo

   

 

Hujan deras

Saat pesawat Lion Air ini mulai turun, diikuti pesawat Garuda di belakangnya, dan satu lagi pesawat siap-siap lepas landas di belakangnya, co-pilot kehilangan pandangan akan landasan karena air hujan yang jatuh di jendela depan.

Kaptennya, seorang WNI dengna 15 ribu jam terbang dan lisensi instruktur, mengambil alih kendali.

Saat turun dari 400 ke 200 kaki, pilot menggambarkan sedang terbang melewati tembok air, menurut sumber. Hujan deras tiba-tiba dan kehilangan pandangan bukanlah hal aneh dalam kondisi alam tropis, tapi rendahnya pesawat berarti kru tak punya banyak waktu untuk bereaksi.

Tanpa bisa melihat lampu landasan atau tanda-tanda, kapten memutuskan untuk membatalkan pendaratan dan melakukan "go around", manuver rutin yang wajib bisa dilakukan semua pilot.

Namun, kapten kemudian mengatakan pada aparat bahwa pesawat 737 yang baru ini bukannya menanjak, malah terus-terusan jatuh tanpa terkendali.

Dengan ketinggian hanya 200 kaki atau 60,96 meter, manuver yang biasanya mudah itu pun langsung gagal.

"Kapten bilang dia berniat untuk berputar balik tapi dia merasa pesawat ditarik ke bawah oleh angin; itu sebabnya dia jatuh ke laut," kata si sumber, yang mendapat keterangan para kru.

"Ada hujan yang jatuh dari timur ke barat; sangat deras," kata si sumber yang meminta untuk tak disebut karena tak ada orang yang mendapat izin berbicara kepada publik mengenai kecelakaan selama penyelidikan berlangsung.

Penumpang pesawat juga menggambarkan peristiwa yang kurang lebih sama, bahwa pesawat mengalami kesulitan hanya pada menit-menit terakhir.

"Sama sekali tidak ada tanda-tanda akan jatuh tapi kemudian tiba-tiba jatuh ke air," kata Tantri Widiastuti, 60, pada MetroTV.

Lion Air menolak berkomentar atas penyebab kecelakaan.


Tags : "Penyebab Jatuhnya Pesawat Lion Air", "Penyebab kecelakaan Lion Air di Bali", "pesawat penumpang Boeing 737", "penyebab kecelakaan Lion Air", "investigasi KNKT dan Penyelidik Kecelakaan dari Amerika Serikat dan Boeing", "Penyebab jatuhnya Lion Air", "kronologi kejadian kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air di Bali", "penyebab kecelakaan".
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...