UEFA Didesak untuk Lebih Adil dalam Distribusi Uang Kompetisi

Boris Streubel/Getty Images Jakarta - Ketua Bundesliga, Christian Seifert, mendesak perlunya pembagian uang kompetisi Eropa yang lebih adil dari UEFA. Hal ini demi mewujudkan kompetisi domestik yang lebih seimbang dan atraktif.
                       
Seifert mengkritik kebijakan UEFA yang dianggap tidak adil, karena tim-tim top seperti Bayern Munich dan Borussia Dortmund yang tampil di final mendapatkan pemasukan yang amat dominan.

Sebagai catatan, setiap tim yang tampil di fase grup Liga Champions mendapatkan sedikitnya 8,6 juta euro. Ini akan semakin besar jumlahnya jika berhasil melaju ke babak-babak berikutnya. Sementara juara Liga Champions akan mendapatkan tambahan sebesar 10,5 juta euro dan runner-up mendapatkan 6,5 juta euro.

"Uang yang keluar dari Liga Champions adalah pengaruh yang sangat besar. Di Jerman uang tersebut dua kali lipat dari kontrak media nasional," ujar Seifert seperti dilansir ESPN.

"Saya pikir UEFA perlu berpikir ulang bagaimana mereka mendistribusikan uang dari Liga Champions dan Liga Europa karena setiap negara butuh kompetisi nasional yang atraktif dan tidak hanya dua tim yang mendominasi.

"Tak diragukan lagi, ini punya dampak. Jika uang dari Liga Champions semakin bertambah dan jarak semakin lebar maka tentu saja itu mungkin bukan hal terbaik bagi kompetisi nasional," tambahnya.

Seifert mendesak badan sepakbola tertinggi Eropa itu untuk lebih adil dalam membagi uang kejuaraan ke seluruh tim yang ikut di kompetisi di bawah yurisdiksi mereka. Dengan demikian, jarak dan perbedaa besar antara tim-tim tersebut bisa dicegah dan diatasi.

"Ketika saya tumbuh besar, salah satu tim terhebat adalah Liverpool. Saya tidak yakin jika mereka akan punya kesempatan lagi untuk memenangi Liga Primer, karena mereka harus bersaing dengan klub-klub yang punya kesempatan finansial lebih besar seperti Manchester City dan Chelsea, ditambah lagi uang dari Liga Champions. Ini adalah sesuatu yang harus Anda pikirkan ketika Anda ingin memperoleh keseimbangan di liga," simpulnya.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...